Selamat Datang Di Situs Jasa Adsense Resmi Indonesia
Home » » Bappenas Siapkan Skenario Baseline bagi Pemerintah Baru

Bappenas Siapkan Skenario Baseline bagi Pemerintah Baru

Bappenas Siapkan Skenario Baseline bagi Pemerintah Baru

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah menyiapkan skenario "baseline" pagu tahun anggaran 2015 bagi pemerintah baru hasil Pemilihan Umum 2014.

"Kami telah menyiapkan skenario `baseline` untuk pemerintah mendatang. Selain meminimalkan atau hampir tidak membuka inisiatif program baru untuk tahun berjalan hingga 2015," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas, Armida Salsiah Alisjahbana, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.
Skenario baseline, menurut Kepala Bappenas, merupakan anggaran-anggaran program kegiatan yang merupakan anggaran rutin atau tahunan serta anggaran program yang telah diamanatkan oleh undang-undang seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Kepala Bappenas mengatakan pagu indikatif belanja kementerian/lembaga untuk tahun anggaran 2015 sebesar Rp610 triliun atau sama seperti dalam APBN 2014 tanpa dana optimalisasi.
"Dana optimalisasi dalam APBN 2014 sebesar Rp27 triliun dan jika ditambah dana optimalisasi itu belanja kementerian/lembaga dalam APBN 2014 menjadi Rp637 triliun," katanya.
Selain menyiapkan skenario baseline, Bappenas juga menutup ruang inisiatif program baru bagi kementerian/lembaga untuk tahun anggaran 2015.
Kepala Bappenas menjelaskan penutupan ruang inisiatif program baru bagi kementerian/lembaga untuk tahun anggaran 2015 karena program kementerian/lembaga harus disesuaikan dengan kebijakan presiden hasil Pemilu 2014.
"Untuk pemerintah mendatang, ruang fiskal tambahan baru dimungkinkan dengan melihat pertimbangan asumsi makro. Sekarang pertumbuhan ekonominya di sekitar 5,8-6,1 persen. Saya tidak bisa komentar untuk 2015 nanti, apa bisa lebih dari 6,1 persen," katanya.
Ruang fiskal tambahan bagi pemerintahan 2015, lanjut Kepala Bappenas, juga didasarkan pada jumlah penerimaan pajak dan nonpajak serta kebijakan untuk mengendalikan belanja, terutama subsidi energi.
Dalam APBN 2014, anggaran belanja kementerian/lembaga sebesar Rp637,8 triliun atau 51,0 persen dari anggaran belanja pemerintah pusat yang mencapai Rp1.249,9 triliun. Sementara, anggaran belanja kementerian/lembaga dalam APBN 2013 mencapai Rp594,6 triliun.
Bagikan Untuk Kebaikan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
0 Comments

0 komentar... read them below or add one

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

AiRa LoKa - Blog of tutorials