Selamat Datang Di Situs Jasa Adsense Resmi Indonesia
Home » » 'Jokowi Effect Gak Ngefek'? Coba Kalau Capresnya Bukan Jokowi

'Jokowi Effect Gak Ngefek'? Coba Kalau Capresnya Bukan Jokowi

'Jokowi Effect Gak Ngefek'? Coba Kalau Capresnya Bukan Jokowi 

JAKARTA -- Pendapat sejumlah pengamat bahwa faktor Joko Widodo tidak memberikan efek terhadap hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014 dianggap tidak tepat oleh pengamat dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego.
Faktor yang dikenal sebagai 'Jokowi effect' sangat penting terhadap perolehan suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). "Karena ada Jokowi maka PDIP bisa dapat suara 19 persen lebih, coba kalau PDIP menetapkan capres yang lain atau belum menetapkan capresnya, kemungkinannya hanya mendapatkan suara kurang dari 15 persen," kata Indria Samego kepada Tribunnews.com, Kamis (10/4/2014).
Meskipun menjadi 'juara' dalam Pemilu 2014, kata Indria, para pendukung partai 'moncong putih' ini kurang puas karena perolehan suara tidak sesuai dengan yang ditargetkan sebelumnya yaitu 27 persen. Mereka pun menuduh faktor Jokowi tidak berpengaruh.
"Padahal kalau pun tidak sesuai target, PDIP tetap menjadi pemenang pemilu. Katakanlah mencari satu parpol untuk koalisi saja sudah bisa mencalonkan presiden," ujarnya.
Mengenai tidak tercapainya target, jelasnya, ini terjadi karena mesin partai yang tidak berjalan dengan semestinya. Hal itu, menurutnya, juga terjadi pada sejumlah parpol, bahkan pada Golkar yang menduduki peringkat kedua. Mesin parpol PDIP untuk pileg, jelasnya, kurang jalan. Namun untuk pilpres, jelasnya, nanti akan beda.
Bagikan Untuk Kebaikan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
0 Comments

0 komentar... read them below or add one

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

AiRa LoKa - Blog of tutorials